Waktu adalah sesuatu yang tidak dapat dipegang atau dirasakan keberadaannya,tetapi kita dapat merasakan akibatnya dalam kehidupan kita. Managemen waktu sebenarnya hanya diperlukan oleh orang yang nenganggab waktu itu penting. Dan mempunyai misi dan visi yang jelas tentang hidupnya. Tanpa misi yang jelas, hidup seolah bergerak tanpa arah dan waktupun kehilangan nilai pentingnya.
Dasar-
dasar penting misi dan visi hidup
adalah:
A. Tentukan Misi
Hidup Anda
Untuk
menentukan misi hidup perlu perenungan yang mendalam. Termasuk mengoreksi diri
sendiri. Kalau anda sudah memiliki misi hidup yang jelas, maka anda akan mengetahui
apa yang penting dan apa yang tidak penting dalam hidup anda. Dan dari situ
anda bisa menentukan apa yang anda harus diperbuat dan mana yang harus
ditinggalkan. Hidup tanpa misi
seperti “menembak panah tanpa papan
sasaran”, ibarat melakukan perjalanan , anda terus berjalan tanpa tahu
kota mana yang hendak dituju. Anda harus
menjadi “ seperti orang yang mendirikan rumah diatas karang”: kuat dan
tidak teerombang ambing ombak sebesar apapun.
B. Tentukan
Tujuan Dan Atur Prioritas Tujuan Anda
Kalau
misi hidup itu tujuan besar anda, maka sebuah tujuan lebih merupakan sasaran
kecil bagi anda. Untuk mencapai tujuan hidup yang sudah anda tetapkan, anda
harus memiliki lima sifat sebagi berikut:
·
Specific
·
Measurable(
dapat di ukur)
·
Achievable
( bisa di capai )
·
Realistic
( tidak mengawang- awang)
·
Time-
bound ( ada target waktunya.
Kalau anda sudah tahu tujuan hidup anda,
buatlah aturan prioritas dengan mengacu pada urutan berikut:
·
Penting
dan mendesak
·
Penting
tapi tidak mendesak
·
Tidak
penting tapi mendesak
·
Tidak
penting dan tidak mendesaK
C. Kenapa
Perlu Prioritas?
Jika
anda adalah orang yang sibuk dan banyak aktifitas, dalam mempraktikan rencana dan jadwal dalam
kehidupan sehari- hari, harus
benar-benar bisa memprioritaskan
mana yang penting yang harus di dahulukan dan mana yang bisa ditunda.
Prioritas
penting diketahui karena:
a)
Setiap
kegiatan memiliki bobot yang berbeda
b)
Waktu
yang terbatas
c)
Tidak
bisa berada di dua tempat sekaligus
d)
Prioritas
berhubungan dengan efektifitas dan produktifitas.
D. Pentingnya Integrasi
Mungkin
anda adalah orang yang sangat sibuk dengan banyaknya aktivitas. Supaya tidak
terjadi bentrok antara kegiatan yang satu dengan yang lain, buatlan acara yang
terjadwal (scheduled event ). pastikan
semua terintegrasi agar bisa membedakan mana kepentingan pekerjaan dan pribadi
tanpa salah satu ada yang jadi korban.
Salah
satu prinsip penting untuk mengendalikan waktu secara efektif ialah anda”harus
selalu ada waktu untuk hal – hal penting”.
jadi yang dilihat disini bukan jumlah kegiatan tetapi kwalitas dan motivasi
dibelakang kegiatan itu.
E.Hidup Yang Pas
· Enam Hidup Yang Penting
Hidup
ini tidak sekedar bekerja dan mencari
uang,menghabiskan hari-hari dirumah bersama keluarga dan tidak hanya untuk
bermain. Ada enam bidang yang penting
dalam kehidupan ini:
1.
Spiritual
2.
Kesehatan
3.
Keluarga
4.
Financial
5.
Pekerjaan
6.
sosiaL
· Bahaya Ketidakseimbangan
Keenam
bidang kehidupan diatas memang
tidak mudah dipertahankan. Karena
sebagai manusia, anda berinteraksi dengan banyak hal dan banyak orang.
Ketidakseimbangan waktu bisa datang dari mana saja dan siapa saja. Ketidakseimbangan
sungguh berbahaya. Orang yang hanya hidup di tiga bidang kehidupannya sangat
rentan kehilangan semuanya. Ini sering terjadi, anda mungkin bisa sukses dalam
pekerjaan dan punya banyak uang , namun kesehatan anda bermasalah, keluarga
tidak punya, jika suatu saat anda kehilangan apa yang anda punya , maka sukses
yang anda dambakan akan sulit diraih.
F.Buatlah Perencanaan
· Pentingnya Dan Prinsip Perencanaan
Perencanaan
merupakan fungsi dasar atau fundamental managemen . Bertindak sebagai peta yang
akan memberikan bimbingan tentang arah yang dituju dan bagaimana cara mencapai
tujuan dengan hasil optimal kendati
memiliki waktu yang terbatas.
· Buatlah Rencana Jangka Panjang Dan Pendek
Perencanaan
bisa dibuat berdasarkan periode tertentu: Ada yang membuat rencana jangka panjang ( 5-10 tahun ). Dalam rencana
jangka panjang, Ini sangat membantu anda jika anda terus
berkomitmen kepadanya. Agar rencana jangka panjang bisa terealisasikan buatlah
rencana jangka pendek yang berdasarkan rencana jangka panjang. Kita analisa
sebelumnya. Apa saja yang harus dilakukan , karena rencana jangka pendek adalah
sebagi penunjang rencana jangka panjang. Buatlah jadwal dalam keseharian anda:
apa saja yang harus anda lakukan dari bangun tidur sampai tidur lagi.
· Manfaat Perencanaan
Manfaat dari perencanaan yang telah di buat adalah
a)
Bisa
melihat tujuan hidup yang jelas.
b)
Obyektif
dan rasional.
c)
Bisa
mendayagnakan sumber daya waktu yang terbatas.
d)
Bisa
membedakan antar orang yang berhasil dan gagal.
Karena
itu bijaksanalah. Pilihan hari ini akan terlihat hasilnya di hari esuk. Pilihan
yang salah di hari ini akan berakibat buruk di hari esuk. Ingatlah “ good plan is half work done”
( rencana yang bagus sama dengan selesainya setengah dari pekerjaan.
G.PENDELEGASIAN
· Pentingnya Kemampuan Mendelegasikan
Pendelegasian
adalahpemindahan wewenang dan kepercayaaan kepada orang lain. Dalam
kenyataannya banyak bidang yang tidak mungkin
yang anda kerjakan sendiri dengan waktu yang Terbatas. Pendelegasian wewenang
merupakaan hal yag alami.
Ada 3 hal yang menjadi alasan kenapa pendelegasian
penting dilakukan:
a)
Pendelegasian
memungkinkan pekerjaan lebih efektif.
b)
Pendelegaisan
memungkinkan pekerjaan peningkatan produksi.
c)
Pendelegasian
Organisasi hanya mungkin karena adanya pedelegasian.
· Pastikan Apa Dan Kepada Siapa Pendelegasian
Diberikan.
Salah satu cara pendelegasian
yang efektif adalah membangun jaringan dengan orang yang anda percayai dan
andalkan untuk melakukan tugas-tugas
anda. Lihat siapa saja yang layak anda mintai tolong supaya pendelegasian
berjalan sesuai dengan keinginan. Diantara yang layak untuk dimintai
pertolongan adalah:
a)
Bawahan
anda.
b)
Bawahan
rekan anda ( dengan sarat minta ijin dulu ).
c)
Atasan
anda.
d)
Rekan
sejajar.
Tapi ada bagian yang paling sulit
dalam pendelegasian yaitu ketika para eksekutif merasa bahwa hanya dirinya yang
mampu mengerjakan tugas- tugas di kantor, dan menganggap bawahanya tidak
sanggup mencapai kwalitas seperti yang and inginkan. Sehingga seorang atasan
sendiri yang bekerja keras dan terancam kebakaran kerja. Ada beberapa cara
pendelegasian kegiatan:
· Anda meminta
orang lain mengerjakan sesuatu sepenuhnya
· Anda meminta
orang lain menggantikan posisi untuk sementara.
· Anda meminta
orang lain membantu sebagian pekerjaan anda.
H.Mengelola
Bacaan Dan Kertas Kerja
· Bacaan Sebagai Masalah
Perkembangan dunia yang pesat memaksa
kita untuk selalu membaca, supaya pengetahuan kita tetap up to date. Tetapi
sebuah bacaan kalau tidak dikelola dengan baik akan menjadi masalah yang
serius. Jikalau jumlahnya sudah melebihi kapasitas waktu dan otak. Membaca itu
penting dan berguna. Tapi tidak semua
bacaan itu berguna sehingga kitapun harus mengkategorikan mana yang penting dan
mana yang tidak penting.
Contoh, anda bisa membuat 4
kategori
a)
Kategori
A ( penting dan mendesak dan
harus segera direspon)
b)
Kategori
B ( penting tapi tidak mendesak )
c)
Kategori
C (kurang penting dan tidak
mendesak )
d)
Kategori
D (tidak penting dan tidak
mendesak ).
Sebelum anda mengkategorikan bacaan atau
kertas kerta anda harus melakukan screening ( pengujian ) terlebih dahulu. Men-
screening buku dan kertas kerja pun akan
menyita waktu, supaya terhindar dari pembuangan waktu secara percuma. Ada cara yang lebih efektif untuk
menghindarinya pemborosan waktu:
·
Mintalah
bantuan orang lain.
·
Buatlah
system supaya staf anda mengenali mana item yang lebih masuk dan mana yang
harus dibuang
I.Mengelola
Waktu Istirahat Dan Liburan
Pada intinya tujuan istirahat dan
liburan adalah sama. Kita tidak bisa di
sebut istirahat atau liburan kalau masih memikirkan masalah – masalah rutinitas
sehingga otak masih bekerja memikirkan pekerjaan. Itu berarti hanya fisiknya
saja yang berhenti.
· Mengapa Kita Harus Istirahat
Karena setiap orang harus memperhatikan
keseimbangan antara kerja dan istirahat. Kekurangan istirahat akan sangat
berpengaruh pada kondisi fisik seseorang. Sehingga apa yang kita lakukan kurang
maksimal, semakin lama semakin menurun dan bahka bisa menjadi sumber dari
berbagai macam penyakit.
· Manfaaat Dari Istirahat
Dengan melakukan istirahat yang teratur
dan benar ada beberapa manfaat yang akan di perolah:
þ Kahidupan terasa
lebih ringan.
þ Kehidupan
keluarga lebih harmonis.
þ Timbul ide-ide
yang cemerlang.
þ Perform kerja
yang baik.
þ Lebih cepat
menangani masalah.
þ Kondisi
kesehatan lebih stabil dll.
Dalam memanfaatkan waktu istirahat dan
liburan, kita disuruh tetap berhati-hati
maenjaga jangan sampai terlena. Sebab kalau kita tenggelam dalam
menikmati waktu liburan, biasanya seseorang akan menjadi malas dan akan
menyia-nyiakan waktu.
J.Interupsi
Interupsi adalah suatu kejadian atau orang
yang datang secara tiba-tiba dan menghalangi rencana yang sedang berjalan.
Interupsi tidak diinginkan, tetapi selalu datang, baik diundang ataupun tidak.
Setiap hari selalu saja muncul peristiwa atau orang yang tidak di duga muncul
secara tiba-tiba untuk merusak rencana.
Interupsi Karena
Pengunjung Tak Diundang
Pengunjung yang tidak diundang merupakan
interupsi yang harus ditangani dengan tegas. Bukan saja dia akan merusak
rencana anda, tetapi juga akan menyabot pekerjaan anda. Anda harus memandang
interuptor sebagi orang yang harus diperlakukan dengan tegas. Memang itu berat
dalam budaya timur, anda harus menghadapi dilemma antar pencapaian rencana anda
dan hubungan social.
Untuk menghindari interupsi dari tamu
yang tidak diundang ada beberapa cara
yang bisa anda lakukan:
·
Hindari
kebijakan buka pintu.
·
Batasi
waktu berkunjung.
·
Gunakan
bahasa tubuh.
K. Menunda-Nunda
Waktu (Proscrastination)
Hambatan
lain untuk pencapaian suatu rencana adalah menunda waktu. Yang berarti melakukan kegiatan berprioritas
rendah dan malah menghindari kegiatan yang harus diprioritaskan. Seperti anda
selalu aktif dalam kegiatan, tapi yang anda lakukan adalah kegiatan yang tidak
penting.
· Kecenderungan Manusiawi
Manusia cenderung menghindari kegiatan
yang dirasa memberatkan walaupun itu penting. dan senang melakukan kegiatan
yang menyenangkan walaupun mungkin akan
merusak. Gejala penundaan waktu akan muncul ketika seseorang akan melakukan
sesuatu dengan menunggu waktu yang pas. Misalnya dengan berkata “ nanti atau besuk lagi”.padahal waktu
bersifat netral. Dia akan terus berputar dan akan menggilas siapaun yang tidak seirama.
Penundaan waktu sering trjadi karena
tugas yang menumpuk dan tampak terlalu besar sehingga akan memakan waktu yang
lama. Karena itu lakukan system “ devide et impera” pecah belah dan kuasai. buatlah
proyek kedalam unit-unit yang lebih kecil, dengan jagka waktu yang lebih
pendek.
· Pentingnya Tenggat Waktu (Deadline)
Deadline merupakan salah satu energy
ayng lebih dari dalam diri kita. Dengan deadline yang jelas anda bisa membuat
prioritas dimana tugas itu ditempatkan, berapa lama dan kapan harus diselesaikan.
Sehingga akan mendorong kita untuk
bekerja keras.
Ketika kita sudah menetapkan deadline
dikantor, catat dan umumkan kepada pihak-pihak terkait. Dengan begitu
kemungkinan kita bisa terhindar dari gangguan interupsi. Mereka segan
mengganggu anda karena tahu tugas dan dedline anda.
Deadline
penting karena beberapa factor:
·
Memberikan
ketegasan karena beberapa factor
·
Mendorong
kita bertindak lebih cepat.
·
Lebih
menghargai waktu.
L.Other Devil
· Perangkap Entertainment (Hiburan )
Tingkat stress yang makin tinggi akibat
persingan dan beban hidup yag makin berat mendorong orang untuk mencari
hiburan. Pasa zaman sekarang ini hiburan sangat beragam dan mudah dia dapat.
Kalau kita tidak selektif dan waspada, hiburan bisa menghambat dan mengancam
keefektifan seseorang dalam mengelola waktudan akan menjauhkan kita dari misi
dan tujuan sebenarnya.
Di samping hiburan godaan lain dalam
mencapai sebuah rencana adalah:
1)
Over
planning
2)
Misplanning
3)
Overdetail
4)
Overscheduling
5)
Kurang
disiplin
Dalam managemen waktu,sebelum kita
melakukan suatu aktifitas sangatlah penting kita terlebih dahulu membuat suatu
rencana dan schedule secara mendetail. Tetapi kalau kita terlalu berkutat pada
sebuah rencana dan gagal mengekekusi rencana dan schedule yang sudah kita buat,
maka itu akan mambawa akibat buruk dan akan menambah masalah. Karena banyak
aktifitas yang pada awalnya kita sudah merencanakan dengan baik ahirnya tidak
terealistis karena hidup banyak diliputi spontanitas dan hal- hal yang tidak
diduga.
Disamping itu ketidakdisiplinan juga
menjadi factor penghambat keefektifan orang untuk menjalankan menegeman waktu.
Ketidakdisiplinan akan membawa banyak kehancuran. Perhatikan orang- orang yang
gagal, mayoritas penyebab utamanya adalah karena mereka tidak disiplin.
M.Waktu-Waktu
Evaluasi
· Pentingnya Evaluasi
Setiap kegiatan pasti mengalami
kekurangan. Tidak ada yang sempurna. Kekurangan bisa dihadapi dengan dua
pendekatan:
þ Membiarkan.
þ Menganalisa dan
mengoreksinya.
Setiap kekurangan tidak boleh dibiarkan,
tetapi harus dianalisa dan diperbaiki.
Dengan begitu anda harus mengevaluasi lagi semua aktifitas. Apakah rencana yang
dulu dibuat sesuai dengan kenyataanatau malah meleset. Dan apakah dalam
pelaksanaannya sesuai dengan yang direncanakan atau tidak.
· Yang Dilakukan Saat Evaluasi
Evaluasi dilakukan untuk mengetahui
factor apa saja yang membuat anda
berhasi dan gagal. Sebuah kegagalan mungkin bisa di sebabkan oleh
lemahnya tekad dan semangat. Semua factor kegagalan harus di atasi bisa dengan
cara membuat daftar kekurangan –kekurangan yang terjadi.kemudian berusaha
meningkatkan kwalitas pencapaian misi dan tujuan anda.
Sebaiknya yang
anda lakukan saat evaluasi adalah:
1.
Membuat
inventarisasi (daftar ) kekurangan-kekurangan anda.
2.
Membuat
catatan kemajuan yang sudah di capai.
3.
Membuat
prioritas yang menyangkut kegiatan-kegiatan pap saja yang mendukung kegiatan
tersebut.
4.
Periksa
tujuan jangka panjang dan jamgka pendek.
N.Penutup
Siklus
Hidup
Dahulu aku mnjadi anak.Sekarang aku
menjadi dewasa. Kemudian aku menjadi tua. Dan nanti aku akan meninggal. Itulah
perjalanan hidup seorang manusia. Siklus ini berlaku untuk semua orang tanpa
kecuali dan semuanya berkaitan dengan waktu yang terus berjalan. Tidak akan pernah mundur.
Kita di tuntut untuk menggunakan waktu dengan bijak, supaya peristiwa-peristiwa
penting dalam hidup kita tak terlewati begitu saja. Tanpa memberikan makna
dalam kehidupan yang tuhan berikan dengan indah.
Waktu bukan milik manusia tapi milik
sang pencipta. Tuhan memberikan waktu pada semua hambanya adalah sama ( 24
jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari
per tahun ). Kita dituntut untuk memanajemen waktu secermat dan sebaik
mungkin jangan sampai ada yang terbuang dengan sia-sia. Karena waktu merupakan
suatu nvestasi yang tidak bisa dikembalikan. Sekali salah menginvestasikan,
kita akan menanggung akibatnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar