Rabu, 19 September 2007

E-BOOK dalam perkuliahan


Perkembangan teknologi semakin cepat, apa yang sulit dengan informasi bahkan dulu setengah mati mencari informasi leteratur, maka sekarang ini semakin mudah sekali, serasa dunia ada dalam genggaman, bahkan dengan adanya internet kita bisa merubah sistem perkuliahan jarak jauh seeprti materi kuliah, tugas-tugas perkulihan bisa diakses lewat situs-situs sejenis weblog yang semakin marak, bahkan metode imla dan mencatat mulai tersisih, tapi jangan sampai hilang human relation antara dosen dengan mahasiswa yang tidak bisa diganti dengan teknologi, artinya teknologi untuk memudahkan kehidupan tapi kehidupan janganlah meninggalkan unsur manusiawinya yang kerap hilang dari pesatnya sebuah teknologi, tapi kita akan tertinggal jauh kalau tanpa terus mengikuti keuniversalan dunia cyber yang bisa dimanfaatkan oleh siapapun, walau dirasa masih terlalu mahal di Indonesia.

E-book sebagai alternatif
E-Book adalah secara sepintas dapat diartikan sebagai bentuk elektronik dari buku ( book in electronic version ) Kata "E-book" berasal dari bahasa Inggris, singkatan dari electronic book, dalam bahasa Indonesia artinya adalah buku elektronik. Buku elektronik bukanlah buku yang mempelajari tentang elektronik, melainkan berupa data-data atau informasi yang tampilannya dibuat seperti buku kemudian direkam secara elektronik agar dapat dijalankan E-book adalah tulisan fiksi atau nonfiksi yang disampaikan dalam bentuk digital. 

Biasanya dalam komputer atau alat pembaca e-book. Karena e-book dapat dibuat dengan biaya yang rendah karena dapat mencakup seluruh dunia dalam pendistribusiannya lewat internet dan tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar ( tidak memerlukan tempat buku, lemari buku dan sebagainya), e-book memiliki potensi yang besar di masa depan untuk menggantikan buku cetak konvensional. Alat yang dapat menyimpan dan menampilkan (e-book viewer) biasa disebut e-book oleh kebanyakan orang. 

Tulisan yang ada dalam e-book diambil dari sumber ke komputer atau e-book viewer dengan perantaraan modem atau dengan koneksi internet yang lain. Beberapa e-book viewer tidak dapat mendownload teks dan harus terkoneksi dengan komputer dalam rangka mengambil e-book ke dalam memory. Setelah e-book terambil dari komputer atau dari sumber, maka memerlukan sebuah software untuk membaca atau menampilkannya ke dalam e-book viewer atau dalam layar monitor. 

Kebanyakan dari e-book viewer bertenagakan baterai, sehingga dapat dibawa-bawa ke mana saja, sama seperti buku konvensional. Teks dalam e-book ditampilkan dalam betuk halaman, yang dapat di kontrol dengan tombol UP untuk ke atas halaman DOWN, untuk ke bawah halaman, FORWARD untuk lanjut ke halaman berikutnya atau tombol BACK untuk kembali ke halaman sebelumnya. Beberapa e-book viewer dapat tahan hingga 40 jam atau lebih untuk mode baca sebelum baterai diisi ulang. Dapat anda lihat situs e-book free di internet seperti 

(sumber: berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Komentar Anda

Nama

Email *

Pesan *