Rabu, 23 Juli 2014

RAHASIA MANAJEMEN WAKTU


Waktu adalah sesuatu yang tidak dapat dipegang atau dirasakan keberadaannya,tetapi kita dapat merasakan akibatnya dalam kehidupan kita.  Managemen waktu sebenarnya hanya diperlukan oleh orang yang nenganggab waktu itu penting.   Dan mempunyai misi dan visi yang jelas tentang hidupnya. Tanpa misi yang jelas, hidup seolah bergerak tanpa arah dan waktupun  kehilangan nilai pentingnya.

Dasar- dasar penting  misi dan visi   hidup adalah:
A. Tentukan Misi Hidup Anda
Untuk menentukan misi hidup perlu perenungan yang mendalam. Termasuk mengoreksi diri sendiri. Kalau anda sudah memiliki misi hidup yang jelas, maka anda akan mengetahui apa yang penting dan apa yang tidak penting dalam hidup anda. Dan dari situ anda bisa menentukan apa yang anda harus diperbuat dan mana yang harus ditinggalkan.  Hidup tanpa misi seperti  “menembak panah tanpa papan sasaran”, ibarat melakukan perjalanan , anda terus berjalan tanpa tahu kota mana yang hendak dituju.  Anda harus menjadi “ seperti orang yang mendirikan rumah diatas karang”: kuat dan tidak teerombang ambing ombak sebesar apapun.

B. Tentukan Tujuan Dan Atur Prioritas Tujuan Anda
Kalau misi hidup itu tujuan besar anda, maka sebuah tujuan lebih merupakan sasaran kecil bagi anda. Untuk mencapai tujuan hidup yang sudah anda tetapkan, anda harus memiliki lima sifat sebagi berikut:

·         Specific
·         Measurable( dapat di ukur)
·         Achievable ( bisa di capai )
·         Realistic ( tidak mengawang- awang)
·         Time- bound ( ada target waktunya.


Kalau anda sudah tahu tujuan hidup anda, buatlah aturan prioritas dengan mengacu pada urutan berikut:
·         Penting dan mendesak
·         Penting tapi tidak mendesak
·         Tidak penting tapi mendesak
·         Tidak penting dan tidak mendesaK


C.   Kenapa Perlu Prioritas?
Jika anda adalah orang yang sibuk dan banyak aktifitas, dalam    mempraktikan rencana dan jadwal dalam kehidupan sehari- hari, harus  benar-benar bisa memprioritaskan  mana yang penting yang harus di dahulukan dan mana yang bisa ditunda.

Prioritas penting diketahui karena:
a)      Setiap kegiatan memiliki bobot yang berbeda
b)      Waktu yang terbatas
c)      Tidak bisa berada di dua tempat sekaligus
d)     Prioritas berhubungan dengan efektifitas dan produktifitas.

D.    Pentingnya Integrasi
Mungkin anda adalah orang yang sangat sibuk dengan banyaknya aktivitas. Supaya tidak terjadi bentrok antara kegiatan yang satu dengan yang lain, buatlan acara yang terjadwal  (scheduled event ). pastikan semua terintegrasi agar bisa membedakan mana kepentingan pekerjaan dan pribadi tanpa salah satu ada yang jadi korban.

Salah satu prinsip penting untuk mengendalikan waktu secara efektif ialah anda”harus  selalu ada waktu untuk hal – hal penting”. jadi yang dilihat disini bukan jumlah kegiatan tetapi kwalitas dan motivasi dibelakang kegiatan itu.

E.Hidup Yang Pas
·      Enam Hidup Yang Penting
Hidup ini tidak sekedar  bekerja dan mencari uang,menghabiskan hari-hari dirumah bersama keluarga dan tidak hanya untuk bermain. Ada enam bidang yang penting  dalam kehidupan ini:

1.      Spiritual
2.      Kesehatan
3.      Keluarga
4.      Financial
5.      Pekerjaan
6.      sosiaL


·      Bahaya Ketidakseimbangan
Keenam bidang kehidupan  diatas memang tidak  mudah dipertahankan. Karena sebagai manusia, anda berinteraksi dengan banyak hal dan banyak orang. Ketidakseimbangan waktu bisa datang dari mana saja dan siapa saja. Ketidakseimbangan sungguh berbahaya. Orang yang hanya hidup di tiga bidang kehidupannya sangat rentan kehilangan semuanya. Ini sering terjadi, anda mungkin bisa sukses dalam pekerjaan dan punya banyak uang , namun kesehatan anda bermasalah, keluarga tidak punya, jika suatu saat anda kehilangan apa yang anda punya , maka sukses yang anda dambakan akan sulit diraih.

F.Buatlah Perencanaan
·      Pentingnya Dan Prinsip Perencanaan
Perencanaan merupakan fungsi dasar atau fundamental managemen . Bertindak sebagai peta yang akan memberikan bimbingan tentang arah yang dituju dan bagaimana cara mencapai tujuan dengan  hasil optimal kendati memiliki waktu yang terbatas.

·      Buatlah Rencana Jangka Panjang Dan Pendek
Perencanaan bisa dibuat berdasarkan periode tertentu: Ada yang membuat rencana  jangka panjang ( 5-10 tahun ). Dalam rencana jangka panjang,   Ini sangat membantu anda jika anda terus berkomitmen kepadanya. Agar rencana jangka panjang bisa terealisasikan buatlah rencana jangka pendek yang berdasarkan rencana jangka panjang. Kita analisa sebelumnya. Apa saja yang harus dilakukan , karena rencana jangka pendek adalah sebagi penunjang rencana jangka panjang. Buatlah jadwal dalam keseharian anda: apa saja yang harus anda lakukan dari bangun tidur sampai tidur lagi.
·      Manfaat Perencanaan
Manfaat dari perencanaan yang telah di buat adalah
a)      Bisa melihat tujuan hidup yang jelas.
b)      Obyektif dan rasional.
c)      Bisa mendayagnakan sumber daya waktu yang terbatas.
d)     Bisa membedakan antar orang yang berhasil dan gagal.

Karena itu bijaksanalah. Pilihan hari ini akan terlihat hasilnya di hari esuk. Pilihan yang salah di hari ini akan berakibat buruk di hari esuk. Ingatlah  good plan is half work done” ( rencana yang bagus sama dengan selesainya setengah dari pekerjaan.

G.PENDELEGASIAN
·      Pentingnya Kemampuan Mendelegasikan
Pendelegasian adalahpemindahan wewenang dan kepercayaaan kepada orang lain. Dalam kenyataannya banyak bidang yang tidak mungkin  yang anda kerjakan sendiri dengan waktu yang Terbatas. Pendelegasian wewenang merupakaan hal yag alami.
Ada 3 hal yang menjadi alasan kenapa pendelegasian penting dilakukan:
a)      Pendelegasian memungkinkan pekerjaan lebih efektif.
b)      Pendelegaisan memungkinkan pekerjaan peningkatan produksi.
c)      Pendelegasian Organisasi hanya mungkin karena adanya pedelegasian.

·      Pastikan Apa Dan Kepada Siapa Pendelegasian Diberikan.
Salah satu cara pendelegasian yang efektif adalah membangun jaringan dengan orang yang anda percayai dan andalkan untuk  melakukan tugas-tugas anda. Lihat siapa saja yang layak anda mintai tolong supaya pendelegasian berjalan sesuai dengan keinginan. Diantara yang layak untuk dimintai pertolongan adalah:
a)      Bawahan anda.
b)      Bawahan rekan anda ( dengan sarat minta ijin dulu ).
c)      Atasan anda.
d)     Rekan sejajar.

Tapi ada bagian yang paling sulit dalam pendelegasian yaitu ketika para eksekutif merasa bahwa hanya dirinya yang mampu mengerjakan tugas- tugas di kantor, dan menganggap bawahanya tidak sanggup mencapai kwalitas seperti yang and inginkan. Sehingga seorang atasan sendiri yang bekerja keras dan terancam kebakaran kerja. Ada beberapa cara pendelegasian kegiatan:
·   Anda meminta orang lain mengerjakan sesuatu sepenuhnya
·   Anda meminta orang lain menggantikan posisi untuk sementara.
·   Anda meminta orang lain membantu sebagian pekerjaan anda.

H.Mengelola Bacaan Dan Kertas Kerja
·      Bacaan Sebagai Masalah
Perkembangan dunia yang pesat memaksa kita untuk selalu membaca, supaya pengetahuan kita tetap up to date. Tetapi sebuah bacaan kalau tidak dikelola dengan baik akan menjadi masalah yang serius. Jikalau jumlahnya sudah melebihi kapasitas waktu dan otak. Membaca itu penting dan berguna. Tapi   tidak semua bacaan itu berguna sehingga kitapun harus mengkategorikan mana yang penting dan mana yang tidak penting.
Contoh, anda bisa membuat 4 kategori
a)   Kategori A ( penting dan mendesak dan harus segera direspon)
b)   Kategori B ( penting tapi tidak mendesak )
c)   Kategori C (kurang penting dan tidak mendesak )
d)  Kategori D (tidak penting dan tidak mendesak ).

Sebelum anda mengkategorikan bacaan atau kertas kerta anda harus melakukan screening ( pengujian ) terlebih dahulu. Men- screening buku dan kertas kerja pun  akan menyita waktu, supaya terhindar dari pembuangan waktu secara percuma.  Ada cara yang lebih efektif untuk menghindarinya pemborosan waktu:
·         Mintalah bantuan orang lain.
·         Buatlah system supaya staf anda mengenali mana item yang lebih masuk dan mana yang harus dibuang


I.Mengelola Waktu Istirahat Dan Liburan
Pada intinya tujuan istirahat dan liburan adalah sama. Kita  tidak bisa di sebut istirahat atau liburan kalau masih memikirkan masalah – masalah rutinitas sehingga otak masih bekerja memikirkan pekerjaan. Itu berarti hanya fisiknya saja yang berhenti.
·      Mengapa Kita Harus Istirahat
Karena setiap orang harus memperhatikan keseimbangan antara kerja dan istirahat. Kekurangan istirahat akan sangat berpengaruh pada kondisi fisik seseorang. Sehingga apa yang kita lakukan kurang maksimal, semakin lama semakin menurun dan bahka bisa menjadi sumber dari berbagai macam penyakit.
·      Manfaaat Dari Istirahat
Dengan melakukan istirahat yang teratur dan benar ada beberapa manfaat yang akan di perolah:

þ  Kahidupan terasa lebih ringan.
þ  Kehidupan keluarga lebih harmonis.
þ  Timbul ide-ide yang cemerlang.
þ  Perform kerja yang baik.
þ  Lebih cepat menangani masalah.
þ  Kondisi kesehatan lebih stabil dll.


Dalam memanfaatkan waktu istirahat dan liburan, kita disuruh tetap berhati-hati  maenjaga jangan sampai terlena. Sebab kalau kita tenggelam dalam menikmati waktu liburan, biasanya seseorang akan menjadi malas dan akan menyia-nyiakan waktu.

J.Interupsi
Interupsi adalah suatu kejadian atau orang yang datang secara tiba-tiba dan menghalangi rencana yang sedang berjalan. Interupsi tidak diinginkan, tetapi selalu datang, baik diundang ataupun tidak. Setiap hari selalu saja muncul peristiwa atau orang yang tidak di duga muncul secara tiba-tiba untuk merusak rencana.

Interupsi Karena Pengunjung Tak Diundang
Pengunjung yang tidak diundang merupakan interupsi yang harus ditangani dengan tegas. Bukan saja dia akan merusak rencana anda, tetapi juga akan menyabot pekerjaan anda. Anda harus memandang interuptor sebagi orang yang harus diperlakukan dengan tegas. Memang itu berat dalam budaya timur, anda harus menghadapi dilemma antar pencapaian rencana anda dan hubungan social.
Untuk menghindari interupsi dari tamu yang tidak diundang  ada beberapa cara yang bisa anda lakukan:
·         Hindari kebijakan buka pintu.
·         Batasi waktu berkunjung.
·         Gunakan bahasa tubuh.

K. Menunda-Nunda Waktu (Proscrastination)
Hambatan  lain untuk pencapaian suatu rencana adalah menunda waktu.  Yang berarti melakukan kegiatan berprioritas rendah dan malah menghindari kegiatan yang harus diprioritaskan. Seperti anda selalu aktif dalam kegiatan, tapi yang anda lakukan adalah kegiatan yang tidak penting.

·      Kecenderungan Manusiawi
Manusia cenderung menghindari kegiatan yang dirasa memberatkan walaupun itu penting. dan senang melakukan kegiatan yang menyenangkan walaupun  mungkin akan merusak. Gejala penundaan waktu akan muncul ketika seseorang akan melakukan sesuatu dengan menunggu waktu yang pas. Misalnya dengan berkata  “ nanti atau besuk lagi”.padahal waktu bersifat netral. Dia akan terus berputar dan akan  menggilas siapaun yang tidak seirama.

Penundaan waktu sering trjadi karena tugas yang menumpuk dan tampak terlalu besar sehingga akan memakan waktu yang lama. Karena itu lakukan system “ devide et impera” pecah belah dan kuasai. buatlah proyek kedalam unit-unit yang lebih kecil, dengan jagka waktu yang lebih pendek.

·      Pentingnya Tenggat Waktu (Deadline)
Deadline merupakan salah satu energy ayng lebih dari dalam diri kita. Dengan deadline yang jelas anda bisa membuat prioritas dimana tugas itu ditempatkan, berapa lama dan kapan harus diselesaikan. Sehingga akan mendorong kita untuk  bekerja  keras.

Ketika kita sudah menetapkan deadline dikantor, catat dan umumkan kepada pihak-pihak terkait. Dengan begitu kemungkinan kita bisa terhindar dari gangguan interupsi. Mereka segan mengganggu anda karena tahu tugas dan dedline anda.
            Deadline penting karena beberapa factor:
·         Memberikan ketegasan karena beberapa factor
·         Mendorong kita bertindak lebih cepat.
·         Lebih menghargai waktu.

L.Other Devil
·      Perangkap Entertainment (Hiburan )
Tingkat stress yang makin tinggi akibat persingan dan beban hidup yag makin berat mendorong orang untuk mencari hiburan. Pasa zaman sekarang ini hiburan sangat beragam dan mudah dia dapat. Kalau kita tidak selektif dan waspada, hiburan bisa menghambat dan mengancam keefektifan seseorang dalam mengelola waktudan akan menjauhkan kita dari misi dan tujuan sebenarnya.

Di samping hiburan godaan lain dalam mencapai sebuah rencana adalah:

1)      Over planning
2)      Misplanning
3)      Overdetail
4)      Overscheduling
5)      Kurang disiplin


Dalam managemen waktu,sebelum kita melakukan suatu aktifitas sangatlah penting kita terlebih dahulu membuat suatu rencana dan schedule secara mendetail. Tetapi kalau kita terlalu berkutat pada sebuah rencana dan gagal mengekekusi rencana dan schedule yang sudah kita buat, maka itu akan mambawa akibat buruk dan akan menambah masalah. Karena banyak aktifitas yang pada awalnya kita sudah merencanakan dengan baik ahirnya tidak terealistis karena hidup banyak diliputi spontanitas dan hal- hal yang tidak diduga.

Disamping itu ketidakdisiplinan juga menjadi factor penghambat keefektifan orang untuk menjalankan menegeman waktu. Ketidakdisiplinan akan membawa banyak kehancuran. Perhatikan orang- orang yang gagal, mayoritas penyebab utamanya adalah karena mereka tidak disiplin.

M.Waktu-Waktu Evaluasi
·      Pentingnya Evaluasi
Setiap kegiatan pasti mengalami kekurangan. Tidak ada yang sempurna. Kekurangan bisa dihadapi dengan dua pendekatan:
þ  Membiarkan.
þ  Menganalisa dan mengoreksinya.
Setiap kekurangan tidak boleh dibiarkan, tetapi  harus dianalisa dan diperbaiki. Dengan begitu anda harus mengevaluasi lagi semua aktifitas. Apakah rencana yang dulu dibuat sesuai dengan kenyataanatau malah meleset. Dan apakah dalam pelaksanaannya sesuai dengan yang direncanakan atau tidak.

·      Yang Dilakukan Saat Evaluasi
Evaluasi dilakukan untuk mengetahui factor apa saja yang membuat anda  berhasi dan gagal. Sebuah kegagalan mungkin bisa di sebabkan oleh lemahnya tekad dan semangat. Semua factor kegagalan harus di atasi bisa dengan cara membuat daftar kekurangan –kekurangan yang terjadi.kemudian berusaha meningkatkan kwalitas pencapaian misi dan tujuan anda.

Sebaiknya yang anda lakukan saat evaluasi adalah:
1.      Membuat inventarisasi (daftar ) kekurangan-kekurangan anda.
2.      Membuat catatan kemajuan yang sudah di capai.
3.      Membuat prioritas yang menyangkut kegiatan-kegiatan pap saja yang mendukung kegiatan tersebut.
4.      Periksa tujuan jangka panjang dan jamgka pendek.

N.Penutup
Siklus Hidup
Dahulu aku mnjadi anak.Sekarang aku menjadi dewasa. Kemudian aku menjadi tua. Dan nanti aku akan meninggal. Itulah perjalanan hidup seorang manusia. Siklus ini berlaku untuk semua orang tanpa kecuali dan semuanya berkaitan dengan waktu yang  terus berjalan. Tidak akan pernah mundur. Kita di tuntut untuk menggunakan waktu dengan bijak, supaya peristiwa-peristiwa penting dalam hidup kita tak terlewati begitu saja. Tanpa memberikan makna dalam kehidupan yang tuhan berikan dengan indah.

Waktu bukan milik manusia tapi milik sang pencipta. Tuhan memberikan waktu pada semua hambanya adalah sama ( 24 jam sehari, 7 hari  seminggu, 365 hari per tahun ). Kita dituntut untuk memanajemen waktu secermat dan sebaik mungkin jangan sampai ada yang terbuang dengan sia-sia. Karena waktu merupakan suatu nvestasi yang tidak bisa dikembalikan. Sekali salah menginvestasikan, kita akan menanggung akibatnya.





  

           




Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Komentar Anda

Nama

Email *

Pesan *