Jumat, 09 November 2012

TINJAUAN HISTORIS PENDIDIKAN : MAKNA PEDAGOGIK HISTORIS


Istilah pedagogik diartikan ilmu pendidikan yang berisikan renungan tentang gejala-gejala dialog perbuatan mendidik atau situasi pendidikan. historis berasal dari bahasa yunani "istoris" yaitu pengetahuan yang diperoleh melalui penyelidikan dengan cara mendengar dan melihat, pengertian ini diambil dari istilah historeo yaitu saya menyelidik dan mencari. sedang bila dilihat dari bahasa indonesia hisoris diambil diterjemahkan dengan kata sejarah yang diambl dari bahasa arab 'Syajarah" yang artinya pohon kayu. yang artinya : 1).silsialah, asal-usul. 2). kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi dimasa lalu, riwayat dan tambo. 3). ilmu pengetahuan atau uraian mengenai peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang benar terjadi di masa lalu.

Pedagogik historis atau sejarah pendidikan merupakan suatu bidang studi khusus dari pedagogik teoritis (disamping pedagogik sistematis) yang mencoba menggambarkan perkembangan idea dan pelaksaan pendidikan dari masa lalu. dari definisi disini dapat diambil beberapa rumusan :
  1. Pedagogik sebagai disiplin yang jika dilihat dari sudut penekanan mencakup aspek teoritis dan praktis
  2. Pedagogik historis mencakup dua bidang studi khsuus yaitu pedagogik sistematis dan pedagogik hsitoris.
  3. Pedagogik istoris bertugas memberikan deskripsi atau gambaran tentang perkembangan pendidikan, baik menyangkut idenya, juga perbuatan atau pelaksanaan ide-ide itudalam praktek.
  4. Ide-ide atau pemikiran tentang pendidikan dicetuskan oleh manusia-manusia yang tertarik untuk memikirkan masalah-masalah pendidikan secara khusus dan sistematis.
  5. Pedagogik istoris melukiskan perkembangan ide-ide atau cita-cita pendidikan dan pelaksanaanya dari masa kemasa, sebab itu mempelajari pedagogik historis berarti kita belajar pendidikan dari masa lalu, baik berkaitan dengan teori maupun praktek.
Nilai pedagogik historis.
Iangeveld mengungkapkan : "Debeoevening der his torische paedagogiek is een wetenschappelijke noodsaak voor de paedagoog.."= mempelajari pedagogik historis merupaakan suatu keharusan bagi ahli pendidik. hendaklah kita menyadari bahawa pedagogik historis bukan pendidikan itu sendiri. bukan pula suatu pengantar dan keharusan mempelajarinya bukan saja bagi mereka yang erpredikat ahli pendidikan tetapi juga bagi mereka yang terlibat dialam pekerjaan mendidik

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Komentar Anda

Nama

Email *

Pesan *