Jumat, 05 November 2010

"Nge-blog wajib bagi para dosen, Gimana pak Rektor ?

"Salam Pak. Terima kasih mampir. Saya setuju utk melacak dosen2 yg menggunakan publikasi personal spt blog ini sbg educational tool"
 
Abdul ghaffar, dosen UGM

Sangat menarik Penulis mendapat balasan perlu adanya forum dosen sesuai dengan bidang profesinya salah satunya usulan dari Pak Abdul Ghafar, dosen UGM. Sarana komunikasi yang saya kira jauh lebih membumi dan karya intelektual anda sebagai dosen banyak dibaca publik dunia dan siapa tahu ada penerbit yang melirik dan menghargai seluruh karya intelektual anda, salah satunya melalui sarana webblog dan media yang sangat murah lagi gratis dan tidak perlu harus memposkan tulisan anda yang dikirimkan kemedia massa dan tentu saja usulan ini belum ada tanggapan serius dari beberapa dosen senior yang saya kira kalau kita lacak jumlahnya sangat banyak, apalagi bapak rektor seluruh indonesia, gimana pak Rektor ?

Apa perlu seorang dosen ngeblog kalau dilacak ternyata banyak juga dosen non- IT yang menjadikan blog sebagai sarana media publikasi tulisannya. banyak kendala yang sering terjadi dengan kegiatan blog ini seperti pemahaman terhadap dunia IT,  tidak semua dosen mengetahui ada media publikasi umum yang gratis dan independen bisa dikelola sendiri. seiring dengan perkembangan internet yang merambah fiture HP dengan adanya jejaring sosial seperti facebook ternyata sangat berperan cepatnya pengenalan dunia blog ini dikalangan masyarakat tanpa sekat dan tanpa ada pembatasan.

Penulis sendiri mulai belajar ngeblog meneganl blog ini sejak tahun 2007 secara otodidak melalui buku-buku dan tutorial blog yang bersamaan saat pertama kali disekolah dibuka jaringan internet, semuanya didasari rasa penasaran katanya ada sejenis web gratis yang bisa diutak-atik. Blog pertama yang dipelajari penulis adalah www.blogger.com dengan blogspot-nya. Salah satunya blogger kawakan saat itu A. Fatih Suhud dengan tutorial blog-nya yang pada waktu itu sangat terkenal sebagai suhunya dikalangan blogger Indonesia sampai blog-nya diblokir karena kepopulerannya yang menurutku saat itu sangat luar biasa yang kemudian beralih ke wordpress lagi-lagi dengan tutorailnya yang juga penulis mencobanya juga sampai sekarang dengan blog "The Managemen Lecture Resume", blog pertama di wordpress dengan beragam kategori ilmu manajemen.

Untuk dosen IT siapa yang tak kenal Romi Satrio Wahono dan  Yudi Sutarso, dosen STIE Perbanas Surabaya yang menggunakan blog sebagai sarana diskusi dan komunikasi khususnya untuk mata kuliah pemasaran (marketing).  Dari beliaulah aku punya ide untuk mendokumentasikan bahan pengayaan perkuliahan yang disunting kembali dari beberapa web dan blog untuk membantu kesulitanku sebagai dosen baru yang kurang sumber materi kuliah terutama untuk mata kuliah manajemen dan metodologi riset, sehingga lahirlah beberapa weblog : manajemen penelitian, manajemen komunikasi, manajemen organisasi, manajemen pendidikan yang saat penulis coba kembangkan kembali dan mencoba merintis hasil tulisan dan curahan sendiri dan mengambil kutipan dan instisari dari tugas mahasiswa dalam bentuk resume perkuliahan. Selain tutorial bang Isnaeni dengan Isnaeni.com-nya yang juga ikut menyoroti dalam tulisannya "Dosen ngeblog?" Selain punya dream untuk menjadikan sebuah buku dan menerbitkannya. atau dikalangan blog khusus dunia pendidikan aku sangat salut dengan tulisan Ahmad Sudrajat, MPd yang bisa berbagi ilmu secara gratis.

Bagi penulis kegiatan ngeblog ini bukan hanya sekedar ephoria saja, atau sekedar iseng saja tapi benar-benar bisa bermanfaat bagi semua digunakan sebagai :
1). Media komunikasi dengan mahasiswa saat menyampaikan perkuliahan bisa menyimpan modul perkuliahan  di blog dan bisa digunakan membantu mahasiswa yang kebetulan tidak masuk kuliah dengan meng-copy paste catatan kuliah yang ditampilkan di blog, tentu nilai komersilnya hilang tapi nilai pembelajaran anda sebagai seorang tenaga pendidika punya value aded yang luar biasa, karena anda dianggap sebagai dosen yang capable dan selalu megikuti perkembangan IT.

2). Media dokumentasi keilmuan para dosen untuk materi perkuliahan, SAP, kisi-kisi perkuliahan, bank soal UAS/UTS, termasuk modul perkuliahan selama satu semester, daripada menyimpan data perkuliahan di flashdisk atau CD yang bisa rusak, blog bisa dijadikan alternatif anda untuk dokumentasi daftar nilai dan tugas mahaiswa atau bank ilmu khususnya resume buku-buku terbaru dari tugas mahasiswa.

3).Media publikasi pemikirannya dan anggap saja draft penulisan anda artinya di blog anda harus sudah memilahkan tulisan original anda berdasarkan kategori tulisan yang spesifik dengan sumber literatur yang dicantumkan dengan tulsian hasil suntingan dari weblog lainnya dan kemungkinan tulisan anda bisa dipublikasikan dalam sebuah buku, siapa tahu kalau tulisan anda menarik dan punya nilai jual bisa dilirik penerbit dan pemerintah akan kinerja sang dosen Indonesia yang katanya sangat malas meneliti dan menulis serta bisa saja ada konsorsium yang bisa memperhatikan dosen swasta sekali, karena belum dosen tetap dan diakui oleh kopertis bahkan untuk mendapat beasiswa-pun terhambat. he..he..curhat dosen.

4). Media promosi personal, siapa tahu jadi selebriti dunia maya he..he..seperti fenomena duo "keong racun" dan terakhir bisa dijadikan sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa dan dosen serta masyarakat akan pengetahuan perkulaiahn secara gratis, saya kira banayak pihak yang akan diuntungkan sebagai pencipta brach image bagi dosen yang untung juga publikasi gratis kampus kalau dosennya eksis dikenal masyarakat dan dunia maya yang begitu luas dan media yang sangat luar biasa jangkauan melebihi televisi dan media komunikasi lainnya.

5). Media berbagi kelimuan dengan siapa saja, walaupun awal pertama hanya untuk mahasiswa sebagai bahan perkuliahan tapi ternyata lebih luas bisa berbagai dengan masyarakat umum yang ingin belajar sebuah keilmuan, siapa tahu suatu waktu pembelajaran itu hanya cukup di dunia maya saja perkuliahannya sebagaimana yang telah dipraktikan di negara lain dengan e-learningnya.

Tidak ada alasan dosen tidak ngeblog dengan melihat nilai lebih diatas dengan memiliki blog gratis dan sangat credible bagi publikasi dan meningkatkan kinerja dosen yang akhir-akhir ini disorot sedang menurun

Nah, kira-kira kenapa ya, kampus-kampus beserta para dosen di dalamnya wajib nge-blog dan mulai melirik blog sebagai media alternatif.  Alasannya yang diungkapkan Blog Fakultas Teknologi Informasi Satya Wacana Business Center yang dilansir oleh http://www.ayongeblog.com
  1. Punya blog itu GRATIS
  2. Punya blog itu MUDAH
  3. Blog COCOK untuk profesi dosen
  4. Blog memberikan ALTERNATIF dalam publikasi
  5. Blog melatih kita BERPIKIR
  6. Blog dapat dipakai untuk PENGELOLAAN pengetahuan
  7. Adanya KOMUNITAS blogger
  8. Memiliki blog dapat dikatakan MODERN
Jadi, Pak-Bu Dosen, jangan kalah ya, sama juga mahasiswanya jangan tinggal diam kita budayakan nge-blog dikampus-kampus, dan jangan mau kalah juga sama dosen lainnya yang udah jadi blogger..

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Komentar Anda

Nama

Email *

Pesan *