Komponen-komponen tersebut
adalah:
1. Tujuan pengajaran
Tujuan pengajaran merupakan acuan
yang dipertimbangkan untuk memilih strategi belajar mengajar.
2. Guru
Masing-masing guru berbeda dalam
pengalaman, pengetahuan, kemampuan menyajikan pelajaran, gaya mengajar,
pandangan hidup dan wawasan. Perbedaan ini mengakibatkan adanya perbedaan dalam
pemilihan strategi belajar mengajar yang digunakan dalam program pengajaran.
3. Peserta didik
Dalam kegiatan belajar mengajar
peserta didik mempunyai latarbelakang yang berbeda-beda, hal ini perlu
dipertimbangkan dalam menyusun strategi belajar mengajar yang tepat
4. Materi pelajaran
Materi pelajaran dapat dibedakan
antara materi formal (isi pelajaran dalam buku teks resmi/buku paket di
sekolah) dan materi informal (bahan-bahan pelajaran yang bersumber dari
lingkungan sekolah)
5. Metode pengajaran
Ada berbagai metode pengajaran
yang perlu dipertimbangkan dalam strategi belajar mengajar
6. Media pengajaran
Keberhasilan program belajar
mengajar tidak tergantung dari canggih atau tidaknya media yang digunakan,
tetapi dari ketepatan dan keefektifan media yang digunakan.
7. Faktor administrasi dan finansial
Terdiri dari jadwal pelajaran,
kondisi gedung dan ruang belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar