BERGERAK di dunia kepenulisan secara kritis merupakan ciri khas mahasiswa. Semangat menggelora untuk menghasilkan karya tulis yang baik terus menyala dalam diri mahasiswa. Terbukti, karya mahasiswa terus menghiasi dunia media massa. Bahkan tulisan mahasiswa kerap sangat berbeda dari tulisan lain, karena dilakukan dengan motivasi sangat tinggi. Publik pun memberikan sambutan meriah dengan kegemuruhan aktivisme mahasiswa dalam menghasilkan karya tulis yang baik dan berkualitas.
Karya tulis mahasiswa tidak hanya beredar di berbagai media massa,
tetapi juga di buletin, jurnal, dan buku. Tidak sedikit karya mereka
berkapasitas tinggi, bahkan sangat inspiratif dalam dunia pergolakan.
Tulisan mahasiswa makin hangat karena mendapatkan apresiasi tinggi dalam
berbagai kajian dan wacana perdebatan antara dunia kampus. Jaringan
lintas kampus itu yang membuat ide kritis makin menyebar dalam ragam
pergerakan sosial yang terjadi.
Pertanyaannya sekarang, mana karya tulis para dosen? Kalau mahasiswa
begitu aktif, sedikit sekali dosen yang aktif dalam menulis karya di
media, jurnal, bahkan buku. Kerisauan ini bahkan diakui oleh Direktur
Jenderal Pendidikan Tinggi yang melihat para dosen masih miskin tulisan
dan minim kualitas tulisan dalam penelitian.
Rata-rata dosen lebih banyak mengejar setoran, tanpa ada perenungan dan pemaknaan kritis atas fakta sosial di sekeliling.
Kalau kita lihat di media massa, hanya orang-orang itu yang menghiaskan
tulisan mereka di media massa. Dosen yang lain mana? Ternyata yang lain
lebih banyak mengejar proyek atau sekadar kejar setoran dalam mengajar.
Jebakan proyek terlihat sekali dari para dosen sehingga semangat menulis
mereka menurun. Jebakan proyek yang menjanjikan kekayaan telah menyita
waktu dosen dalam menganalisis keilmuan, sehingga sibuk dengan berbagai
pelaporan proyek yang terus dikejar. Selesai satu proyek berganti dengan
proyek lain, yang terus berganti-ganti.
Menggiurkan
Di berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, jebakan proyek
memang sangat menggiurkan. Tak lain karena perguruan tinggi tekemuka
begitu dekat dengan jaringan kekuasaan. Jaringan kekuasaan sangatlah
mendekatkan dunia dosen untuk ikut serta dalam berbagai proyek negara.
Atau, juga dengan berbagai perusahaan sehingga memanfaatkan jaringan
proyek perusahaan besar.
Itu jelas menjanjikan kekayaan melimpah. Terbukti, para dosen lebih banyak berlomba-lomba membeli mobil terbaru.
Areal parkir kampus sekarang dipenuhi mobil baru para dosen yang makin waktu kian banyak.
Ada juga seorang dosen yang hanya menghabiskan waktu untuk mengajar.
Mereka tipologi dosen pasif yang pasrah dengan kondisi, tanpa gejolak
keilmuan dalam diri. Tipologi itu gampang-susah karena mereka memang
pasif dalam dunia pemikiran dan pergerakan.
Dosen model itu masih memegang tradisi normatif bahwa mengajar
mendapatkan pahala besar. Hanya dengan mengajar, mereka seolah-olah
mendapatkan pahala melimpah. Model dosen itu masih ada di sebagian
kampus. Walaupun rata-rata mereka adalah generasi masa lalu yang
kebetulan menjadi dosen saat itu.
Melihat kondisi dosen yang miskin karya tulis itulah, layak jika kita
menggugat para dosen yang begitu asyik mengajar dan memberikan tugas ke
mahasiswa. Seharusnya para dosen menjadi contoh bagi mahasiswa dalam
menggerakkan dunia keilmuan dan kepenulisan. Tetapi sering kali malah
dosen yang harus berguru pada mahasiswa. Itulah yang harus diakui para
dosen. Karena, fakta memang berbicara demikian.
Sedikit Sekali
Menurut pendapat Eko Prasetyo (2008), para dosen, bahkan yang lulusan
luar negeri sekalipun, sedikit sekali yang bisa mengobarkan semangat
intelektualisme dan semangat kepenulisan pada mahasiswa. Eko pun merasa
kesulitan mencari mitra diskusi ketika diundang dalam berbagai acara
seminar di berbagai kampus terkemuka di Indonesia. Dia sedih karena
kemandekan intelektualisme dan kepenulisan kampus yang mengakibatkan
para mahasiswa makin lesu dalam menggerakkan dunia diskusi dan makin
lumpuh dalam menggerakkan semangat pembebasan melalui media kepenulisan.
Beberapa saat terakhir ini, pada saat sertifikasi merebak, para dosen
hanya mengejar tulisan untuk syarat sertifikasi. Bukan sebagai gejolak
intelektual yang menjadi penyemangat mahasiswa. Itu terbukti karena
setelah tulisan terbit atau beredar, tulisan para dosen itu tak lagi
terdengar atau bahkan sepi dari gagasan yang pernah dilontarkan. Mereka
kembali sibuk dengan berbagai proyek yang menanti. Itu menimbulkan
keprihatinan mendalam.
Dalam konteks ini, menarik apa yang dilakukan dosen terkenal, Jalaluddin
Rahmat. Dosen satu itu tipe pemikir dan penulis yang mengharuskan diri
menulis buku, minimal terbit satu dalam setahun. Target itu selalu dia
penuhi, bahkan sering melebihi target. Setahun dia bisa menulis lima
buku sekaligus. Itu dia akui dalam berbagai forum diskusi di berbagai
kampus di Indonesia untuk membakar semangat menulis para dosen.
Menarik pula yang dilakukan Prof Yudian, yang berani menerbitkan buku
dalam bahasa Inggris untuk khalayak kampus di Yogya. Dia juga
menerbitkan autobiografi intelektual yang sangat menarik, bahkan yang
pertama di dunia kampus di Indonesia. Kini, saatnya dosen berguru
kembali.
Menjejakkan kaki di kampus, sekali lagi, bukan untuk menumpuk kekayaan,
melainkan menjadi resi keilmuan yang terus mentransformasikan nilai
kemanusiaan.
Sumber : http://suaramerdeka.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar