Jumat, 31 Oktober 2014

BUKU DOSEN : "ISBN untuk Buku Perkuliahan Mandiri"

INGIN  membuat ISBN sebagai legalitas sebuah buku ternyata bisa secara mandiri atau melalui penerbit, selain untuk bisa digunakan untuk prosiding seminar. 

Kalau bisa sendiri kenapa tidak mencoba sendiri membuat konsep buku dimulai untuk kalangan sendiri sebagai bahan perkuliahan sambil mengoreksi apa kekurangan dari buku yang kita buat, minta pendapat dari rekan kita yang memahami dunia editing buku kita. langkah selanjutnya kita lengkapi dengan ISBN. 

Caranya, datang langsung ke Perpustakaan Nasional Jl. Salemba Raya 28A Jakarta 10430 dan masuk ke lantai 2. Tepat di depan pintu lantai dua terletak kantor pengurusan ISBN. Kita tinggal meminta formulir dan mengisinya sesuai dengan buku yang akan diterbitkan. Selain itu, kita perlu menyodorkan foto copy halaman depan buku yang berisi back title (judul, nama penulis, nama penerbit, cetakan ke berapa), pengantar penulis/penerbit, pendahuluan bab buku, dsb. Setelah itu cukup tunggu sebentar dan kita akan diminta untuk membayar uang administrasi 25 ribu rupiah/judul buku yang diajukan.

Adapun alamat lengkap Perpustakaan Nasional adalah di Jl. Salemba Raya 28A Jakarta 10430 Kotak Pos 3624 Jakarta 10002 Telp. 021-3922669, 3922749, 3922855, 3923116, 3923867, sedangkan situsnya di www.pnri.go.id.

Untuk mendapatkan ISBN atau barcode ISBN, syaratnya ialah:
1. Surat permohonan dari penerbit kepada Perpustakaan Nasional
2. Foto copy cover depan
3. Foto copy sinopsi buku
4. Foco copy kata pengantar buku
5. Foto copy Daftar Isi
6. Foto copy bagian yang keterangan terbitan, penerbitnya siapa, dimana, tahun berapa, cetakan ke berapa, biasanya setelah pada hal.ii buku.

Sedangkan ISSN diperoleh dari LIPI. ISSN ini perlu biasanya bagi dosen untuk mengumpulkan cum. Cum ini berguna untuk bobot bagi naik jabatan. Syaratnya mirip-mirip juga dengan ISBN. Bagi dosen yang mau nulis di jurnal kami yang sudah ada ISSN-nya, silakan. Tapi agar Anda lebih paham, silakan hubungi kami saja di: ekonomika.jurnal@yahoo.co.id atau ummacom.press@gmail.com

 Lokasi diluar jakarta.
 “Bagaimana caranya mengurus ISBN bagi mereka yg berada di luar Jakarta..???” semoga ini dpt sedikit membantu. untuk teman-teman di luar Jakarta bisa mengirim berkas-berkas di atas lewat faksimili. Tapi karena mengurusnya jarak jauh, maka Anda terlebih dahulu harus mentransfer biaya pengurusan ISBN ke:
Bank Mandiri Cabang Cut Meutia Jakarta
No. GIRO 123 000 453 970 8
a.n. Tim ISBN/KDT Perpusnas RI

Lalu bukti transfer tersebut di-fax bersama-sama dengan berkas-berkas lainnya ke nomor 021-3927919 atau 021-70902017. Kenapa tidak berbagi untuk mencoba menulis buku, dunia dosen selain penelitian jelas hanya menulis.Semoga bermanfaat. (Dari berbagai sumber )

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Komentar Anda

Nama

Email *

Pesan *