Latar
belakang
Profesionalisme
Murobbi ditandai oleh cara dan hasil memberikan taujih. Dalam keseharian
memberikan taujih perlu dibekali pengetahuan, sikap serta ketrampilan tertentu.
Upaya kearah tersebut bisa ditempuh salah satunya dengan cara mengoptimalkan
kegiatan micro teaching.
Pengertian
Micro
berarti kecil, terbatas, sempit. Teaching berarti mendidik atau menajar. Micro
Teaching berarti suatu kegiatan mengajar dimana segalanya diperkecil atau
disederhanakan. Apa yang dikecilkan atau disederhanakan, yaitu :
- Jumlah siswa 5-6 orang
- Waktu mengajar 5 – 10 menit
- Bahan pelajaran hanya mencakup satu atau dua hal yang sederhana
- Ketrampilan mengajar difokuskan beberapa ketrampilan khusus saja.
Unsur
micro merupakan ciri utamanya dan berusaha untuk meyederhanakan secara
sistimatis keseluruhan proses mengajar yang ada. Usaha simplikasi ini didasari
oleh asumsi bahwa : “sebelum kita dapat mengerti, dapat belajar dan dapat
melaksanakan kegiatan mengajar yang komplek, kita harus menguasai dulu komponen-komponen
dari keseluruhan kegiatan yang ada.” Maka dengan memperkecil murid, menyingkat
waktu, mempersempit saran-saran serta membatasi ketrampilan, perhataian dapat
sepenuhnya diarahkan pada pembinaan penyempurnaan ketrampilan khusus yang
sedang dipelajari
Urgensi
Micro Teaching
Micro Teaching dapat digunakan dalam
:
A. Pendidikan pre service, yaitu bagi calon guru:
- Sebagai persiapan calon guru sebelum benar-benar mengajar di depan kelas.
- Sebagai usaha perbaikan penampilan calon guru.
B. Pendidikan in service, yaitu bagi guru atau penilik.
- Untuk meningkatkan kemampuan guru mengajar rutin, supaya menemukan dan mengetahui kelemahan-kelemahannya sendiri dan berusaha memperbaikinya.
- Untuk meningaktkan kemampuan supervisor supaya ia tahu apakah bimbingan, nasihat dan saran-saranya benar-benar efektif dalam membantu peningkatan guru-gurunya.
- Untuk percobaan melaksanakan metode baru, sebelum metode itu dilaksanakan dalam pembelajaran yang sebenarnya.
Tujuan
operasional Micro Teaching
1.
Mengembangkan kemampuan mawas diri
dan menilai orang lain.
2.
Memungkinkan adanya perbaikan dalam
waktu singkat.
3.
Menanamkan rasa percaya pada diri dan
bersifat terbuka dengan kritik orang lain
4.
Mengembangkan sikap kritis murobbi.
5.
Menanamkan kesadaran akan nilai
ketrampilan mngajar dan komponen-komponenya.
6.
Mengenal kelemahan-kelemahan dan
keliruan –keliruan dalam penampilan ketrampilan mengajar dan tahu penampilan
yang baik.
7.
Dengan menggunakan video Tape
recorder maka :
8.
Memberi kesempatan guru untuk melihat
dan mendengar dirinya sendiri.
9.
Memberi kesempatan untuk mengikuti
kembali kritik dan diskusi caranya mengajar berulangkali.
10. Memungkinkan untuk membuat model cara mengjar.
11. Memungkinkan banyak orang yang dapat mengikuti proses belajar dan tidak
tentu waktunya.
12. Merupakan medan untuk mencobakan sistem atau metode baru untuk diteliti
sebelum dikembangkan.
13. Memberi kesempatan pendekatan analistis mengenai ketrampilan dan strategi
mengajar.
Materi
Kegiatan (program Kegiatan)
Yang dimaksud materi disini adalah
ketrampilan yang akan dilatih melalui penampilan dalam micro teaching.
Ada sepuluh ketrampilan khusus yang
dapat dilatih dalam micro teaching yang kesemuanya itu merupakan dalam sebuah
proses belajar mengajar. Keteampilan khusus itu meliputi:
- Ketrampilan membuka pelajaran
- Keteampilan memberi motivasi
- Ketrampilan bertanya
- Ketrampilan menerangkan
- Ketrampilan mendayagunakan media
- Ketrampilan menggunakan metode yang tepat
- Ketrampilan mengadakan interaksi
- Ketrampilan penampilan verbal dan non verbal
- Ketrampilan penjajagan/assesment.
- Ketrampilan menutup pelajaran.
Aspek-aspek ketrampilan yang harus ditampilkan
sebagai berikut :
A.
Ketrampilan membuka pelajaran
- Memperhatikan sikap dan tempat duduk siswa
- Memulai pelajaran setelah nampak siswa siap belajar.
- Cara mengenalkan pelajaran cukup menarik.
- Mengenalkan pokok pelajaran dengan menghubungkan pengetahuan yang sudah diketahui oleh siswa (apersepsi).
- Hubungan antara pendahuluan dengan inti pelajaran nampak jelas dan logis.
B.
Ketrampilan memberi motivasi
- Mengucapkan ‘baik”, bagus, ya, bila siswa menjawab/ mengajukan pertanyaan
- Ada perubahan sikap non verbal positif pada saat menenggapi pertanyaan/ jawaban siswa.
- Memuji dan memberi dorongan dengan senyum, anggukan atas partisipasi siswa.
- Memberi tuntunan pada siswa agar dapat memberi jawaban yang benar.
- Memberi pengarahan sederhana dan pancingan, agar siswa memberi jawaban yang benar.
C.
Ketrampilan bertanya
- Pertanyaan guru sebagian besar telah cukup jelas
- Pertanyaan guru sebagian besar jelas kaitanya dengan masalah.
- Pertanyaan ditunjukan keseluruhan kelas lebih dahulu, baru menunjuk
- Guru menggunakan teknik -pause- dalam menyampaikan pertanyaan
- Pertanyaan didistribusikan secara merata diantara para siswa.
- Teknik menunjuk yang memungkinkan seluruh siswa siap.
D.
Ketrampilan menerangkan
- Keterangan guru berfokus pada inti pelajaran
- Keterangan guru menarik perhatian siswa
- Keterangan guru mudah ditangkap(dicerna) oleh siswa.
- Penggunaan contoh, ilustrasi, analogi, dan semacamnya menarik perharian siswa.
- Guru memperhatikan dengan sungguh-sungguh respon siswa yang berupa pertanyaan, reaksi, usul dan semacamnya.
- Guru menjelaskan respon siswa, sehingga siswa menjadi jelas dan mengerti.
E. Ketrampilan mendayagunakan media
- Pemilihan media sesuai dengan PBM yang diprogramkan
- Teknik mengkomunikasikan media tepat.
- Organisasi mengkomunikasikan media menunjang PBM.
- Guru trampil menggunakan media.
F. Ketrampilan menggunakan metode yang
tepat
- Ada kecocokan antara metode yang dipilih dengan tujuan pengajaran.
- Ada kecocokan antara metode yang dipilih dengan materi pelajaran dan situasi kelas.
- Dalam menggunakan metode telah memenuhi / mengikuti sistematika metode tersebut
- Alat yang dapat menunjang kelancaran penggunaan metode tersebut telah disiapkan.
- Menguasai dalam penggunaan metode tersebut.
G. Aspek mengadakan interaksi
1. Ada keseimbangan antara jumlah kegiatan guru (aksi) dengan kegiatan siswa (reaksi) selama proses belajar mengajar.
2. Ada pengaruh langsung yang berupa :
1. Ada keseimbangan antara jumlah kegiatan guru (aksi) dengan kegiatan siswa (reaksi) selama proses belajar mengajar.
2. Ada pengaruh langsung yang berupa :
" Informasi
" Pengarahan
" Menyalahkan atau membenarkan adalah
cukup komunikatif
3. Nampak ada partisipasi dari siswa yang
berupa :
" Mendengarkan
" Mengamati
" Menjawab
" Bertanya
" Mencoba
H. Ketrampilan penampilan verbal non
verbal
- Gerakan guru wajar dan bertujuan.
- Gerakan guru bebas
- Isyarat guru menggunakan tangan, badan, dan wajah cukup bervariasi
- Suara guru cukup bervariasi, lemah dan keras.
- Ada pemusatan perhatian dari pihak siswa.
- Pengertian indera melihat dan mendengar berjalan dengan wajar.
I. Ketrampilan penjajagan/assesment
- Menaruh perhatian kepada siswa yang mengalami kesulitan.
- Adanya kesepakatan guru terhadap tanda siswa yang mengalami salah pengertian
- Melakukan penjajagan kepada siswa tentang pelajaran yang telah diterimanya
- Mencari/melakukan apa yang menjadi sumber terjadinya kesulitan.
- Melakukan kegiatan untuk mengatasi/menunjukan kesulitan siswa.
J. Ketrampilan menutup pelajaran
- Dapat menyimpulkan pelajaran dengan tepat.
- Dapat menggunakan kata-kata yang dapat membesarkan hati siswa
- Dapat menimbulkan perasaan mampu ( sense of achievment) dari pelajaran yang diproleh.
- Dapat mendorong siswa tertarik pada pelajaran yang telah diterima.
Persiapan
Penyelenggaraan
Dalam
mempersiapkan penyelenggaraan micro teaching kita harus menetapkan.
- Waktu / bilamana diadakan micro teaching
- Tempat, dimana kapan diguanakan, pelaksanaan micro teaching
- Personalia dalam micro teaching (calon yang praktek, peserta didik/siswa guru, orang yang akan mengadakan observasi dan penilaian, ahli teknik alat rekaman)
- Pola micro teaching yang akan digunakan dan dikembangkan.
- Rencana kegiatan dan prosedur kegiatan micro teaching
- Sarana dan prasarana
- Follow up.
Dalam
follow up ditentukan kapan mengajar dikelas yang sebenarnya atau melaksanakan
tugas profesional guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar